Ide Crowd Sourcing versi Pemerintah

Setelah membuat APBN, pemerintah memasukkan proyek-proyek tersebut di situs crowdsourcingnya.
Rakyat kemudian membayar secara sukarela untuk membiayai proyek-proyek tersebut. Sebagai gantinya, rakyat akan diganti kupon yang hanya bisa digunakan untuk membayar pajak. Contoh anda menyumbang 5000 untuk membangun jalan, anda akan mendapat kupon 5000 yang hanya bisa dipakai untuk membayar pajak.
Kupon ini tentu saja bisa diperjual-belikan kalau kalau pajak kewajiban anda terlalu sedikit, karena mungkin kupon ini hanya berlaku untuk 1 tahun.

Daya tarik dari membeli kupon ini adalah, proyek yang anda biayai mencantumkan nama anda sebagai donaturnya. Artinya nama anda akan terpatri di halaman proyek itu atau di tempat permanen yang bisa dikenali, jadi anda akan mendapat rekam jejak sebagai salah satu kontributor proyek tersebut.

Karena proyek tersebut sudah dibiayai oleh rakyat, maka pemerintah mendapat surplus. Surplus ini tidak boleh dipakai untuk yang lain, karena untuk periode selanjutnya pemasukan pajak pemerintah akan berkurang, dan untuk membiayainya berasal dari surplus ini.
Keuntungan buat pemerintah adalah, surplus ini bisa didiamkan di simpanan yang tidak beresiko tapi berbunga. Sementara kupon yang diberikan kepada donatur tidaklah berbunga. Jadi pemerintah untung di bidang time value of money dan donatur untung di bidang pengakuan dari khalayak.

Tapi tidak sampai di situ saja. Situs crowdsourcing ini juga dapat memunculkan proyek-proyek lain yang tidak ada anggarannya tapi penting dan dibutuhkan oleh rakyat.
Donatur dapat memilih untuk membiayainya tanpa diberi kupon sama sekali hanya namanya saja yang dicantumkan. Tentu saja nama ini mendapat perlakuan khusus seperti warna emas atau sejenisnya.

Selama ini proyek-proyek yang dibutuhkan tapi tidak ada anggarannya hanya ada di benak presiden tapi malu untuk dikemukakan jangan sampai menimbulkan ekspektasi yang memberi rasa tidak adil atau kecewa di masyarakat.
Dengan cara ini rakyat akan mengerti benar bahwa kebutuhannya diketahui, tapi pemerintah memiliki keterbatasan, tapi mau melakukannya, dan butuh dukungan untuk mewujudkannya, dan yang mendukung dapat rakyat hargai dengan luar biasa.

Jadi untuk proyek proyek spesial ini orang bisa tap / click, terus muncul menu pilihan (pledge gold, atau pledge coupon).
Untuk opsi pledge coupon, artinya anda mau mensponsori proyek ini setelah muncul kuponnya mungkin di tahun anggaran selanjutnya. Informasi ini bagus agar pemerintah bisa mengukur proyek-proyek apa saja yang populer.
Untuk opsi pledge gold, artinya anda mau membiayai sebesar *sekian* walaupun tidak ada kuponnya. Untuk opsi ini, uang anda akan dikunci, tidak bisa dipakai, tapi belum berpindah dari rekening anda. Begitu target tercapai, anda akan menerima email konfirmasi, bahwa komitmen sudah cukup dan uang siap di transfer, kalau anda setuju maka uang anda akan ditransfer.
Kalau anda tidak setuju, maka proyek tersebut akan terus mencari donatur gold sampai target tercapai, dan nama anda akan dihilangkan dari daftar pledge.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Matthew 6:34, worries and the system of money

Piracy and Expectation

Positive and Negative Motivations